KISI-KISI PENULISAN SOAL ASSEMEN SUMATIF TERJADWAL GENAP SMP KATOLIK FRATER MAUMERETAHUN 2024

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL ASSEMEN SUMATIF TERJADWAL GENAP 

SMP KATOLIK FRATER 

MAUMERETAHUN 2024

Jenjang Pendidikan

: SMP/MTs

Mata Pelajaran

: Bahasa Indonesia

Kurikulum

: MERDEKA

Kelas

: VII

Jumlah Soal

: 30

Bentuk Soal

: AKM

Waktu

: 120 menit

Penyusun

: MGMP Bahasa Indonesia

 

NO

Capaian Pembelajaran

RUANG LINGKUP MATERI

MATERI

Indikator Ketercapain Tujuan Pembelajaran

NOMOR SOAL

BENTUK SOAL

LEVEL KOGNITIF

SUMBER

1

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Struktur

Peserta didik mampu menentukan struktur dengan tepat.

 

 

1

  PG Biasa

    L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

2

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Struktur

Peserta didik mampu menentukan struktur dengan tepat.

 

 

2

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

3

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Struktur

Peserta didik mampu menentukan struktur dengan tepat.

 

 

3

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

4

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Struktur

Peserta didik mampu menentukan struktur dengan tepat.

 

 

4

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

5

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Penilaian

Peserta didik mampu menentukan kelebihan teks dengan tepat.

 

 

5

PG Berkompleks

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

6

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Penilain

Peserta didik mampu menentukan kekurangan teks dengan tepat.

 

6

PG Berkompleks

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

7

 Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Jenis karangan

Peserta didik mampu menentukan jenis karangan dengan tepat.

       7

Isian Singkat

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

8

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Intrinsik

Peserta didik mampu menentukan tema dengan tepat.

     8

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

9

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Intrinsik

Peserta didik mampu menentukan sudut pandang si pengarang dengan tepat

9

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

10

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Intrinsik

Peserta didik mampu menentukan latar waktu dengan tepat.

10

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

11

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Intrinsik

Peserta didik mampu menentukan latar tempat dengan tepat.

11

PG Biasa

L1

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

12

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Intrinsik

Peserta didik mampu menentukan toko utama dengan tepat.

12

PG Berkompleks

L1

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

13

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Unsur Ekstrinsik

Peserta didik mampu menentukan keadaan sosial yang terkandung dengan tepat.

13

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

14

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

 

Teks

Tanggapan

Kaidah Kebahasaan

Peserta didik mampu menentukan konjungsi dengan tepat

14

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

15

Membaca dan Memirsa

 

Di akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan  dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Teks

Tanggapan

Kaidah Kebahasaan

 

Peserta didik mampu menentukan kata depan dan kata sambung dengan tepat

15

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

 

16

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan kalimat pentup surat dengan tepat.

 

16

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

17

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Kaidah Kebahasaan

Peserta didik mampu menentukan penulisan alamat surat pentup surat dengan tepat.

 

17

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

18

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Pribadi

Peserta didik mampu menentukan kalimat pembuka surat pentup surat dengan tepat.

 

18

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

19

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Pribadi

Peserta didik mampu menentukan kalimat penurtup surat dengan tepat.

 

19

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

20

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Pribadi

Peserta didik mampu menentukan unsur surat dengan tepat.

 

20

PG Berkompleks

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

21

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan

urutan penulisan surat dinas dengan tepat.

21

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

22

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Kaidah Kebahasaan

Peserta didik mampu menentukan

urutan penulisan tanggal surat dengan tepat.

22

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

23

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Kaidah Kebahasaan

Peserta didik mampu menentukan penulisan alamat surat pribadi dengan tepat.

23

PG Biasa

L3

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

24

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan bagian-bagian surat dinas dengan tepat.

24

Penjodohan

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

25

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Kaidah Kebahasaan

Peserta didik mampu menentukan tanggal penulisan surat dinas dengan tepat.

25

PG Biasa

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

26

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan nama bulan dalam surat dinas dengan tepat.

26

Isian

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

27

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan alamat surat dinas dengan tepat.

27

Isian

L2

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

28

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan unsur surat dinas dengan tepat.

28

PG Biasa

L1

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

29

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Unsur Surat Dinas

Peserta didik mampu menentukan salam penutup surat dinas dengan tepat.

29

PG Biasa

L1

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

30

Menulis

 

Di akhir fase D, peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif.

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Langkah-langkah Penulisan Surat

Peserta didik mampu menentukan langkah-langkah penulisan surat dengan tepat.

30

PG Biasa

L1

Bahasa Indonesia Kelas 7, Kemendikbud

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN LAGU DAERAH ENDE LIO