KISI-KISI PENULISAN SOAL ASSEMEN SUMATIF TERJADWAL GENAP SMP KATOLIK FRATER MAUMERETAHUN 2024
KISI-KISI PENULISAN SOAL ASSEMEN SUMATIF TERJADWAL GENAP
SMP KATOLIK FRATER
MAUMERETAHUN 2024
Jenjang
Pendidikan |
: SMP/MTs |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Indonesia |
Kurikulum |
: MERDEKA |
Kelas |
: VII |
Jumlah Soal |
: 30 |
Bentuk Soal |
: AKM |
Waktu |
: 120 menit |
Penyusun |
: MGMP Bahasa Indonesia |
NO |
Capaian Pembelajaran |
RUANG LINGKUP
MATERI |
MATERI |
Indikator
Ketercapain Tujuan Pembelajaran |
NOMOR SOAL |
BENTUK SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
SUMBER |
1 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Struktur |
Peserta didik
mampu menentukan struktur dengan tepat. |
1 |
PG Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
2 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Struktur |
Peserta didik
mampu menentukan struktur dengan tepat. |
2 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
3 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Struktur |
Peserta didik
mampu menentukan struktur dengan tepat. |
3 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
4 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Struktur |
Peserta didik
mampu menentukan struktur dengan tepat. |
4 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
5 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Penilaian |
Peserta didik
mampu menentukan kelebihan teks dengan tepat. |
5 |
PG
Berkompleks |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
6 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Penilain |
Peserta didik
mampu menentukan kekurangan teks dengan tepat. |
6 |
PG
Berkompleks |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
7 |
Membaca dan
Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual
dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Jenis karangan |
Peserta didik
mampu menentukan jenis karangan dengan tepat. |
7 |
Isian
Singkat |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
8 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Intrinsik |
Peserta didik
mampu menentukan tema dengan tepat. |
8 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
9 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Intrinsik |
Peserta didik
mampu menentukan sudut pandang si pengarang dengan tepat |
9 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
10 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Intrinsik |
Peserta didik
mampu menentukan latar waktu dengan tepat. |
10 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
11 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Intrinsik |
Peserta didik
mampu menentukan latar tempat dengan tepat. |
11 |
PG
Biasa |
L1 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
12 |
Membaca dan Memirsa Di
akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran ,
pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks
tanggapan dari teks visual dan
audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Intrinsik |
Peserta didik
mampu menentukan toko utama dengan tepat. |
12 |
PG
Berkompleks |
L1 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
13 |
Membaca dan Memirsa Di
akhir fase D, peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran ,
pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks
tanggapan dari teks visual dan audiovisual
untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Unsur Ekstrinsik
|
Peserta didik
mampu menentukan keadaan sosial yang terkandung dengan tepat. |
13 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
14 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta didik
mampu menentukan konjungsi dengan tepat |
14 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
15 |
Membaca dan Memirsa Di akhir fase D,
peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran , pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya teks tanggapan dari teks visual dan audiovisual untuk
menemukan makna yang tersurat dan tersirat. |
Teks Tanggapan |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta
didik mampu menentukan kata depan dan kata sambung dengan tepat |
15 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
16 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta didik
mampu menentukan kalimat pentup surat dengan tepat. |
16 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
17 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta didik
mampu menentukan penulisan alamat surat pentup surat dengan tepat. |
17 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
18 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Pribadi |
Peserta didik
mampu menentukan kalimat pembuka surat pentup surat dengan tepat. |
18 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
19 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Pribadi |
Peserta didik
mampu menentukan kalimat penurtup surat dengan tepat. |
19 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
20 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Pribadi |
Peserta didik
mampu menentukan unsur surat dengan tepat. |
20 |
PG
Berkompleks |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
21 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta didik
mampu menentukan urutan
penulisan surat dinas dengan tepat. |
21 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
22 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta didik
mampu menentukan urutan
penulisan tanggal surat dengan tepat. |
22 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
23 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta didik
mampu menentukan penulisan alamat surat pribadi dengan tepat. |
23 |
PG
Biasa |
L3 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
24 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta didik
mampu menentukan bagian-bagian surat dinas dengan tepat. |
24 |
Penjodohan
|
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
25 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Kaidah
Kebahasaan |
Peserta
didik mampu menentukan tanggal penulisan surat dinas dengan tepat. |
25 |
PG
Biasa |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
26 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta
didik mampu menentukan nama bulan dalam surat dinas dengan tepat. |
26 |
Isian |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
27 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta
didik mampu menentukan alamat surat dinas dengan tepat. |
27 |
Isian |
L2 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
28 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta
didik mampu menentukan unsur surat dinas dengan tepat. |
28 |
PG
Biasa |
L1 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
29 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Unsur
Surat Dinas |
Peserta
didik mampu menentukan salam penutup surat dinas dengan tepat. |
29 |
PG
Biasa |
L1 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
30 |
Menulis Di akhir fase D,
peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan
tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. |
Surat Pribadi
dan Surat Dinas |
Langkah-langkah
Penulisan Surat |
Peserta
didik mampu menentukan langkah-langkah penulisan surat dengan tepat. |
30 |
PG
Biasa |
L1 |
Bahasa Indonesia
Kelas 7, Kemendikbud |
Komentar
Posting Komentar